Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh kompetensi terhadap kinerja ustadz/ustadzah, (2) pengaruh kompetensi terhadap pemberian insentif, (3) pengaruh insentif terhadap kinerja, dan (4) peran mediasi insentif dalam hubungan kompetensi-kinerja di Taman Pendidikan Al-Qur’an Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut. Metode penelitian korelasional kuantitatif ini melibatkan populasi 122 guru dari 28 sekolah, dengan sampel 55 responden yang dipilih secara acak.
Data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan dokumen, kemudian dianalisis menggunakan PLS 3.0. Hasil menunjukkan: (1) kompetensi berpengaruh signifikan terhadap kinerja, (2) kompetensi berpengaruh signifikan terhadap insentif, (3) insentif tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja, dan (4) insentif tidak memediasi pengaruh kompetensi terhadap kinerja. Temuan ini menyiratkan bahwa peningkatan kompetensi guru lebih berdampak langsung pada kinerja dibandingkan pemberian insentif.